judul gambar
judul gambar
Hari Kebangkitan Nasional
Berita  

Vaksin Moderna Mulai Diberikan Sebagai Dosis Pertama Bagi Masyarakat Umum

Foto: Masyarakat sedang divaksinasi di UPTD Puskesmas Durian Kawan

(Durian Kawan). UPTD Puskesmas Durian Kawan sejak hari Jum’at 05 November 2021 mulai memberikan vaksin jenis Moderna bagi masyarakat umum. Pelayanan Vaksinasi Covid-19 tersebut dilaksanakan di ruang Imunisasi UPTD Puskesmas Durian kawan dengan menyiapkan vaksin jenis Moderna sebanyak 42 dosis.

Kepala UPTD Puskesmas Durian Kawan, Sulastri membenarkan informasi tersebut.

“Hari ini Pertama sekali kegiatan Vaksinasi Covid-19 Jenis Vaksin Moderna Dosis 1 bagi Masyarakat Umum. Sebelumnya hanya untuk Tenaga Kesehatan sebagai Dosis 3 Moderna” terang Sulastri.

Untuk UPTD Puskesmas Durian Kawan sendiri sudah 90% staf sudah mendapatkan vaksin dosis 3 moderna.
“Dari 45 staf, 34 orang sudah mendapatkan Dosis 3, 3 org sedang hamil, 2 orang belum masuk jadwal untuk dosis 3, 2 orang tugas belajar dan 4 orang sedang dalam keadaan sakit. Alhamdulillah, untuk masyarakat umum hari ini sudah ada yang bersedia Vaksinasi Moderna Dosis 1”, tambahnya.

Sementara itu Tim Vaksinator, dr. Ari menyampaikan bahwa sejauh ini belum ada masalah yang berarti terkait pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Durian Kawan. Berdasarkan petunjuk teknis, Tim Vaksinator melakukan skrining kesehatan dengan hati-hati dan sampai saat ini belum ada terjadi KIPI berat terhadap sasaran yang telah di Vaksin. Berdasarkan laporan dari masyarakat ada sebagian yang mengalami bisa dibilang KIPI ringan, dari pendapat para ahli, hal itu merupakan respon dari tubuh terhadap Vaksin yang masuk dalam tubuh seperti: demam ringan, nyeri di tempat suntikan dan cenderung akan hilang dan membaik setelah 1-2 hari.

“Dosis Booster 3 menggunakan vaksin moderna dilakukan terhadap Nakes terlebih dahulu. Saat ini Vaksin jenis moderna sudah bisa diberikan ke pada masyarakat umum. Untuk Dosis 1 masyarakat yang sudah diberikan sinovac, dosis 2 tetap menggunakan sinovac. Pada Masyarakat yang belum divaksin sama sekali mulai saat ini kita menggunakan jenis vaksin moderna dosis 1, untuk pemberian dosis 2 harus jenis vaksin yang sama. Jadi, ketika sasaran diberikan jenis vaksin moderna untuk dosis 2 tetap menggunakan moderna”, tambahnya.

Selain itu, dr. Ari mengatakan, angka presentase Vaksinasi Covid-19 di wilayah kerja UPTD Puskesmas Durian Kawan sekitar 41%.
“Memang banyak kekhawatiran masyarakat terhadap vaksin, mereka masih banyak mempertanyakan tentang keamanan dan kehalalan vaksin Covid-19 ini. Maka dari itu ini merupakan PR kita tenaga kesehatan beserta lintas sektor bagaimana cara kita mengedukasi masyarakat agar masyarakat paham bahwa vaksinasi covid-19 ini”, sambung dr. Ari.

dr. Ari menambahkan bahwa apapun merk vaksin Covid-19 yang diedarkan sudah aman dan halal, bahkan dari MUI sendiri sudah menerbitkan Fatwa terhadap produk Vaksin tersebut.
“Balai BPOM juga sudah menerbitkan keamanan produk vaksin ini serta sudah banyak kampanye-kampanye para Dokter Spesialis mengatakan bahwa vaksin Covid-19 sudah aman untuk apapun jenis penyakit. Prioritas vaksin ini diberikan kepada lansia, sasaran yang memenuhi komorbid, ibu hamil, anak usia dibawah 12 tahun. Untuk populasi prioritas ini yang harus diberikan, dan sudah banyak rekomendasi dari dokter spesialis terhadap penyakit berat seperti jantung, hipertensi, diabetes mellitus dan penyakit berat lainnya, dengan syarat penyakit tersebut terkontrol, diobati dulu setelah stabil sudah bisa diberikan vaksin. Jadi, ini PR besar kita untuk bagaimana mengedukasi ke masyarakat umum agar masyarakat paham, bahwa vaksin ini Aman dan Halal. Insya Allah kita cepat mencapai angka diatas 75% Vaksinasi Covid-19 ini”. Tutupnya.

Writer: Ervina Irawati, S.STEditor: Surya D Jas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *